Musik Jazz merupakan salah satu aliran musik dunia yang berasal dari Amerika Serikat dengan irama-irama asli berasal dari daratan Afrika dan Eropa. Menurut seorang musisi Jazz Internasional, Loius Amstrong, Jazz merupakan sebuah aliran musik yang melodi-melodinya merupakan refleksi dari berbagai perasaan yang tak mudah untuk dijelaskan secara verbal.

Perasaan ini dapat dirasakan oleh hati seseorang lewat lantunan melodi-melodi dari Musik Jazz itu sendiri. Louis Armstrong pernah berkata, “Jika kau menanyakannya, kau tidak akan pernah tahu jawabannya.” Karena musik Jazz memang hanya menggunggah perasaan Anda jika Anda merasakannya lewat hati Anda sendiri.

Menjadi salah satu aliran yang terkenal dan telah sukses merebut hati sebagian besar orang di dunia ini, tentu saja musik Jazz telah memiliki kumpulan orang-orang yang sehati untuk mencintai aliran musik Jazz ini.

Di Indonesia saja, hampir setiap daerah telah memiliki komunitas pecinta aliran musik Jazz ini. Contoh yang pertama adalah TwoSix, yang merupakan komunitas pecinta Jazz dari Kota Pahlawan, Surabaya. Komunitas TwoSix ini memiliki tujuan yang baik, yakni ingin memasyarakatkan lebih luas lagi tentang aliran musik Jazz diberbagai kalangan. Hal ini disebabkan karena pada saat aliran musik Jazz ini masuk ke Indonesia, Jazz hanya diperdengarkan ditempat-tempat tertentu dan diwaktu-waktu tertentu.

Tempat dan waktu tertentu biasanya dihadiri oleh orang-orang yang memiliki status ekonomi diatas rata-rata. Sehingga Jazz dianggap sebagai aliran musik yang elit. Oleh karena itulah, TwoSix ingin mengubah pandangan masyarakat tentang aliran Jazz ini. Bahwa aliran Jazz dapat dinikmati oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja tanpa ada hal-hal yang membatasinya. Entah itu para orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, maupun orang-orang lainnya dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.


Aliran musik Jazz merupakan sebuah aliran yang universal, dapat didengarkan dan dimainkan oleh setiap insan yang ingin mendengarkannya. Menyukai dan mencintai aliran musik ini tidak ada syarat khusus. Syarat yang terpenting adalah Anda harus siap untuk merelakan hati Anda direbut oleh kemanisan dari lantunan-lantunan melodi Jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *