Sejak kemunculan aliran music Jazz di Maerika dan menyebar ke hamper seluruh dunia, makin banyak orang yang menggemari music ini. Bahkan banyak musisi yang mengkhususkan diri dalam aliran Jazz. Musik Jazz ini tidak hanya berkembang di Amerika dan Eropa saja. Namun sudah meluas hamper ke seluruh penjuru dunia.

Aliran music ini memiliki ciri khas biasanya lebih banyak menggunakan alat music tiup seperti saxofon, flute, dengan iringan piano, bass dan drum. Bahkan dewasa ini aliran Jazz sudah menurunkan banyak aliran usik baru yang menambah ragam aliran music di dunia. Seperti contohnya reggae, S&B dan yang lainnya.

Di Indonesia sendiri music Jazz sudah muncul dan berkembang sejak era tahun 1930-an. Dikarenakan kedatangan para pedagang yang berasal dari negara tetangga, Filipina. Mereka juga membawa berbagai maam jenis alat tiup. Bermain dan memperkenalkan bagaimana cara memainkan music Jazz dan memukau penikmat music tanah air.

Musisi legendaris Jazz yang berkontribusi besar pada dunia musik

Beberapa musisi menjadi sebuah legenda dan membawakan music Jazz serta mempopulerkannya Siapa saja yang berkontribusi besar mengembangkan music jazz ini ?

1. Louis Armstrong (1901-1971)
Membentuk sebuah band yang akhirnya menjadi legenda dunia music Jazz. Beberapa lagunya menjadi hits seperti Cornet Chop Suey, Big Butter and Big Man, Potato Head Blues, West and Blues, What a Wonderful Word dan Weather Bird.

Louis bahkan sempat melakukan tour keliling Eropa dan menjajal dunia seni peran. Louis sempat membintangi film seperti Pennies from Heaven (1936), Cabin in the Sky (1943), dan New Oseans (1947)

Miles Davis

2. Miles Davis (1926 – 1991)
Davis memiliki kontribusi yang sangat besar di dunia music Jazz terutama setelah moment besar seperti Perang Dunia Kedua karena ia menggagas perubahan besar pada music Jazz. Karya Terbaiknya adalah Kind of Blue yang dirilis pada Tahun 1959

3. John Coltrane (1926-1967)
Nama John Coltrane sering sekali didengar bahkan oleh masyarakat umum dan Coltrane adalah seorang pemain saksofon yang lahir di Halmet, Carolina Utara, 23 September 1926. Coltrane juga merupakan seorang composer besar yang memiliki andil luar biasa pada perkembangan music Jazz bahkan hingga era music Jazz modern. Namanya masih sering didengar hingga sekarang ini.

Perkenalan Coltrane dengan music Jazz sendiri dimulai saat Coltrane sedang melakukan wajib militer. Masa setahunnya itulah yang membawanya pada takdir menjadi seorang musis Jazz dan seorang composer besar. Setelah masa tugas pada wajib militernya selesai, Coltrane memutuskan untuk serius mendalami music Jazz pada gitaris dan composer besar asal Philadelphia, Dennis Sandole. Masa belajarnya bersama Sandole inilh menjadi pengalaman paling berharga yang dimiliki Coltrane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *