Jika berbicara tentang musik bergenre Jazz, tentu Kanada adalah salah satu negara yang tidak luput dari pembicaraan. Pasalnya, negara ini sering kali mengadakan berbagai konsr Jazz berkelas. Selain itu, negara ini juga memiliki banyak sekali musisi yang berbakat dalam genre Jazz, dan artis-artis Jazz Kanada pun tidak sedikit yang sudah terbang ke kancah internasional. Sebagai wadah berkarya bagi orang-orang genre Jazz, Kanada memiliki satu event Jazz terbesar yaitu Montreal International Jazz Festival. Konser Montreal International Jazz Festival merupakan konser Jazz yang diadakan sekali di setiap tahunnya, dan berhasil menarik sejumlah pengunjung dari berbagai negara. Konser ini selalu dilaksanakan di kota Quebec, Kanada.

Salah satu hal yang sangat menarik dari Montreal International Jazz Festival adalah diadakannya konser outdoor selama sekitar 10 hari. Konser ini dibuka untuk umum dan tidak dipasang biaya masuk, sehingga untuk menikmati konser outdoor para masyarakat tidak perlu merogoh kocek karena diadakan secara gratis. Untuk menyelenggarakan konser outdoor ini, jalanan di sekitar lokasipun ditutup selama 10 hari. Konser ooutdoor diselenggarakan untuk merayakan diadakannya Montreal International Jazz Festival, dan konser ini berhasil menarik pengunjung tak kurang dari 150 ribu orang. Untuk waktu penyelenggaraannya pun dilakukan dari siang hingga tengah malam, membuat para masyarakat terpuaskan oleh musik Jazz dengan gratis.

Montreal International Jazz Festival semula diprakarsai oleh Alm Simard pada tahun 1970. Diawali dengan mengundang beberapa seniman ke konser ini, maka semakin hari pun semakin mendapat perhatian dan dukungan dari banyak pihak hingga kini telah mencapai penghargaan sebagai konser Jazz terbesar yang ada di dunia. Tidak hanya berupa konser outdoor saja, Montreal International Jazz Festival memiliki konser indor yang kerap mengundang musisi Jazz dari berbagai belahan dunia untuk dijadikan sebagai tamu. Selain konser, diadakan pula kompetisi musik Jazz bernama Concours de Jazz. Kompetisi ini terbuka untuk umum, dan tentu saja warga Kanada lah yang mencetak peserta terbanyak dan kerap pula menduduki peringkat sebagai juara dari kompetisi ini.

Hingga tahun 2017, Montreal International Jazz Festival masih konsisten dalam mengundang berbagai artis dari manca negara dimana terkadang disponsori oleh agen bola terpercaya di Indonesia. Berbagai artis tentu mengetahui konser ini dan sangat tersanjung bila mendapat undangan untuk tampil ke konser yang sangat bergengsi ini. Sebagai festival Jazz terbesar di dunia, maka bukan hal yang mengejutkan bila Montreal International Jazz Festival menampilkan sekitar 3.000 musisi sebagai pengisinnya dan didatangi tidak kurang dari 2 juta penonton dalam setiap tahunnya. Kekonsistenan ini membuat Montreal International Jazz Festival mendapat predikat sebagai festival Jazz terbesar di dunia pada tahun 2004.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *