Musik merupakan suara-suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung sebuah irama, lagu, dan rasa keharmonisan yang menenangkan. Selain itu, musik juga dapat dihasilkan dari alat- alat yang dapat menghasilkan sebuah irama. Kegiatan mendengarkan musik merupakan kegiatan yang sangat dekat dengan Anda, bahkan sebagian besar orang tidak pernah absen dalam mendengarkan musik setiap harinya. Musik memiliki berbagai aliran yang berbeda-beda sesuai dengan kemiripannya satu dengan yang lain. Hingga sekarang, ada berbagai macam aliran musik didunia dan terus mengalami perkembangan setiap waktunya. Salah satu contoh aliran musik yang menjadi favorit sebagian besar warga dunia adalah musik Jazz.

Musik Jazz berasal dari Amerika Serikat, yang merupakan penggabungan dari aliran Blues, Ragtime, dan musik-musik Band asal Eropa. Walaupun berasal dari Amerika Serikat, namun musik Jazz ini memiliki sentuhan-sentuhan nada awal yang berasal dari Afrika dan Eropa. Musik Jazz mulai terkenal di Amerika Serikat pada tahun 1920-an yang disebut sebagai masa Jazz Age. Lalu, terus mengalami perkembangan di era swing yakni pada tahun 1930-an.

Setelah itu, musik Jazz mencapai puncak penyebarannya diseluruh dunia pada tahun 1950-an. Pada tahun ini dikenal dengan sebutan era Jazz modern. Musik tidak ada lengkap jika tidak melibatkan instrumen atau alat musik didalamnya. Tak terkecuali dengan musik Jazz. Musik Jazz ini banyak melibatkan berbagai alat musik seperti piano, trombon, saxophone, gitar, hingga terompet. Selain itu, musik Jazz juga memiliki berbagai subgenre. Subgenre dari musik Jazz tersebut adalah Dixieland, Bebop, Swing, Hard Pop, Cool Jazz, Smooth Jazz, Caf Jazz, Free Jazz, dan Jazz Fushion.

Setelah Musik Jazz mendunia hingga di agen sbobet kawasan Asia, banyak para musisi yang mulai jatuh cinta pada aliran musik yang satu ini. Beberapa musisi Jazz yang terkenal baik di Indonesia maupun Internasional adalah Erwin Gutawa, Indra Lesmana, Jack Lesmana, Bill Saragih, dll. Lalu musisi Jazz Internasional ada Loius Amstrong, Duke Ellington, Charlie Parker, Michael Buble, Kenny G, hingga Ella Fitsgerald. Selain orang-orang terkenal diatas, tentu saja musik Jazz juga sudah merebut banyak hati dari sebagian besar orang didunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *