Kehadiran musik Jazz tentu menambah warna pada keberagaman musik di dunia. Menambah variasi dan wawasan kepada para pecint musik di seluruh dunia. Bagi para penggemar alat musik tiup tentu akan dimanjakan dengan berbagai macam alat musik tiup yang banyak terdapat pada pertunjukan musik Jazz.

Musik Jazz adalah salah satu aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat. Pada tahun 1930-an para musisi dari Negara Filipinda datang sambil memperkenalkan aliran musik Jazz lengkap dengan alat tiupnya seperti saksofon dan lainnya.

Musik jazz dan hubungannya dengan dunia musik nasional

Setelah masuk ke Indonesia ternyata banyak yang tertarik dengan aliran ini yang kemudian memicuterbentuknya berbagai musik kelompok yang bertemakan Jazz. Bahkan saat ini sudah muncul aliran Jazz turunan yang memainkan aliran musik jenis Jazz namun sudah dikolaborasikan dengan aliran musik lain seperti rock.

Hal tersebut menambah deretan musisi dengan berbagai jenis warna musik sehingga para pendengar tidak jenuh dan bahkan membuat beberapa orang mulai tertarik belajar alat musik Jazz. Beberapa musisi terkenal setelah memperlihatkan bakat mereka di aliran Jazz. Mulai dari angkatan jazz Indonesia yang pertama yakni Jazz Riders yang digawangi oleh Bill Saragih.

Kepiawaian mereka menarik musisi lain seperti Jack Lemmers yang mengajak kawn-kawannya ikut meramaikan belantika musik tanah air dengan kelompok musik jazz buatan mereka. Bahkan musik Jazz juga menginspirasi putra Jack Lemmers , Indra Lesmana untuk ikut terjun ke dunia musik Jazz.

Namun bedanya Indra Lesmana memiliki rasa tersendiri akan musik Jazz yang berbeda dengan sang ayah. Indra Lesmana memilih Jazz yang sudah diimprovisasi dengan musik lain. Diikuti oleh musisi-musisi berbakat lainnya seperti Tompi, Tulus, Dwiki Darmawan dan masih banyak lainnya.

Semakin perkembangan jaman musik Jazz masih belum tergerus oleh waktu. Justru variasi musik Jazz ini semakin berkembang dan menambah aliran musik yang sudah ada. Dibarengi dengan munculnya berbagai jenis acara live musik yang menampilkan musik Jazz sebagai tema. Para penikmat musik Jazz bisa berkumpul dan menikmati penampilan musisi papan atas membawaka lagu-lagu yang beruansa Jazz.

Banyak musisi lain seperti syaharani, Maliq & the essentials yang mengikuti jejak para pendahulu terjun di belantika musik tanah air dan mengusung musik Jazz. Jazz sendiri memiliki banyak musik turunan yaitu Art Rock, Funk, Krautrock, progressive rock, psychedelic rock, reggae, R&B, dan Soul.

Tentu masing-masing turunan musik Jazz ini juga semakin memperkaya aliran musik yang bisa anda nikmati. Apalagi musik dikenal sebagai salah satu bahasa universal. Artinya anda bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda bahasa dan budaya dan berkomunikasi tanpa memikirkan perbedaan Bahasa yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *