Konser Musik Jazz Bersahaja – Musik jazz bisa masuk ke dalam jenis musik yang cukup elegan. Memiliki image bahwa musik jazz merupakan musik yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas, membuat tidak semua orang bisa menikmati musik jazz. Alunan musiknya yang lembut dan elegan membuat musik jazz disukai oleh kalangan yang lebih elite. Event musik jazz yang kebanyakan diadakan di tempat-tempat yang eksclusive membuat musik jazz memiliki aroma bahwa menjadi sebuah musik yang bisa dinikmati oleh kalangan terbatas saja. Meskipun musik merupakan bahasa universal, akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa musik jazz hanya pantas dinikmati oleh kalangan tertentu saja.

Apabila biasanya konser musik jazz hanya akan diadakan di tempat tertutup dan khusus serta mewah, ada konser musik jazz yang mampu mendobrak image itu semua. Konser musik itu adalah ngayogjazz. Konser musik jazz yang satu ini berbeda dari konser musik yang pernah ada. Jika biasanya berada di tempat yang khusus dan mewah serta eksclusive, kali ini ngayogjazz mengadakan konser musik jazz dengan memilih tempat berada di tengah-tengah areal persawahan. Memilih area persawahan sebagai tempat untuk menata panggung musik bukan tanpa alasan. Alasannya adalah untuk membuat musik jazz bisa diterima oleh banyak kalanga. Konser musik di tengah alam terbuka membuat musik jazz benar-benar bisa diterima oleh banyak orang serta bisa dinikmati oleh banyak kalangan.

Konser ngayogjazz termasuk konser musik tahunan yang dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan agar mau berkunjung ke yogjakarta sekaligus menikmati musik jazz. Ciri menarik dari konser musik jazz ini adalah panggung dengan penonton sama sekali tidak memiliki jarak yang jauh. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada penonton agar bisa berinteraksi secara langsung dengan pemusik yang sedang bernyanyi. Hal ini dilakukan demi menghapus sekaligus menghilangkan jejak eksclusivitas dari musik jazz yang selama ini ada. Berada di tengah areal persawahan membuat konser ini menjadi lebih istimewa. Menikmati malam syahdu dengan ditemani musik jazz dan juga angin malam yang dingin membuat malam menjadi lebih menyenangkan.

Kesederhanaan dari musik jazz yang ditampilkan di tengah area persawahan ini memang cukup memberikan kesan sederhana dan juga merakyat. Jika biasanya musik jazz hanya bisa dinikmati di cafe atau di panggung yang mewah, namun dengan adanya konser di tengah sawah ini menghapuskan kesan bahwa musik jazz hanya bisa dinikmati oleh kalangan yang tertentu. Kini musik jazz bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Termasuk konser ini memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke jogja sekaligus membuat musik jazz lebih mudah diterima oleh masyarakat secara luas. Termasuk penonton sekaligus bisa berinteraksi dengan musisi yang sedang beraksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *