Jazz masih menjadi salah satu genre yang memiliki banyak pengikut setia, termasuk di Indonesia. Jazz merupakan salah satu genre musik yang sangat menarik minat masyarakat, karena Jazz identik dengan kesenangan dan keceriaan pada saat musik itu dimainkan. Dengan demikian, tidak heran bila banyak pecinta Jazz yang bersatu dan menggabungkan diri menjadi sebuah kelompok.

Biasanya, kelompok seperti ini bertujuan untuk memberikan wadah dan aspirasi tentang musik Jazz, baik untuk persebaran info konser live maupun sebagai wadah untuk menampung bakat Jazz yang dimiliki oleh masyarakat. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali komunitas musik Jazz yang dibentuk oleh orang-orang dengan selera yang sama yaitu genre Jazz. Komunitas tersebut ada yang bersifat terbuka dan ada pula yang bersifat tertutup. Keaktifan berbagai komunitas pun beragam, bahkan ada yang mengadakan pertemuan dalam periode tertentu untuk membahas musik Jazz hingga mengadakan suatu konser Jazz tertentu, dan disini akan diulas 2 komunitas Jazz yang sudah memiliki nama yang mengharum.

Salah satu komunitas Jazz besar yang ada di Indonesia adalah Ngayogjazz. Berasal dari Yogyakarta yang merupakan kota seniman, komunitas ini berhasil memiliki sebuah festival Jazz bernama ngayogjazz yang kini menjadi festival tahunan. Berdiri pada tahun 2007, komunitas ini mendirikan festival tahunan yang diadakan hingga sekarang, dan kerap mendatangkan artis lokal maupun nasional sebagai salah satu pengisinya.

Kini, anggota dari komunitas Ngayogjazz telah terbagi dalam beberapa daerah yang biasanya juga tergabung dalam agen judi bola untuk menikmati pertandingan sepak bola di cafe yang menyediakan live music jazz. Untuk penyelenggaraan festivalnya, ngayogjazz biasanya menggunakan berbagai desa wisata yang ada di Yogyakarta untuk dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan. Yogyakarta merupakan kota seniman, sehingga tidak heran bila banyak komunitas seni termasuk seni musik Jazz seperti komunitas Ngayogjazz. Selain ngayogjazz, komunitas Jazz kedua adalah Komunitas Jazz Kemayoran yang kerap disingkat dengan KJK. Komunitas ini merupakan salah satu komunitas Jazz besar yang ada di Indonesia. Uniknya, komunitas ini memiliki visi misi yang mudah diterima oleh masyarakat, salah satunya adalah educavite.

Bertujuan educative berarti komunitas ini berharap dapat memberi pendidikan tentang Jazz kepada masyarakat, mulai dari sejarah hingga implementasinya. Visi Misi selanjutnya adalah usefull yang bermakna manfaat. Harapannya, komunitas ini dapat memberikan manfaat kepada anggotanya maupun kepada masyarakat. Banyak anggota yang telah menjadi band Jazz terkenal yang berawal dari komunitas ini. Kini, KJK memiliki anggota tak kurang dari 1000 orang.

Itulah ulasan mengenai 2 komunitas Jazz besar di Indonesia. Selain itu, tentu masih banyak komunitas Jazz yang ada di Indonesia dan tidak kalah hebatnya dengan 2 komunitas yang telah disebutkan di atas. Harapannya, dunia musik Jazz di Indonesia semakin berkembang dengan lahirnya komunitas-komunitas Jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *