Yogyakarta adalah salah stau kota yang kerap menjadi kota yang membanggakan Indonesia, karena kota ini kerap disebut sebagai kota budaya. Banyak musisi berbakat yang berasal dari kota ini, termasuk musisi genre Jazz. Musik Jazz akan terasa lebih asli dan lebih memukau jika didengarkan secara live dalam konser musik, dan Yogyakarta pun punya konser bernama Economic Jazz yang merupakan salah satu konser besar di Kota ini. Konser ini sering disebut sebagai konser yang bertaraf internasional namun memiliki harga yang merakyat. Betapa tidak? Konser ini kerap kali mendatangkan musisi Jazz dari berbagai negara, bahkan untuk musisi terkenal tingkat dunia sekalipun namun tiketnya tetap dijual dengan harga kantong orang Yogyakarta. Sebenarnya, aara yang berkelas internasional ini merupakan acara yang berawal dari sekumpulan mahasiswa Ugm pecinta Jazz yang menginginkan sebuah konser live untuk menikmati keindahan alunan Jazz secara langsung. Mahasiswa yang memprakarsai ini adalah kumpulan mahasiswa yang berasal dari fakultas ekonomi, sehingga musik ini diberi nama Economic Jazz.

Mendapatkan respon yang sangat baik dari publik yang nonton film online membuat konser ini semakin maju untuk berkrya. Ciri khas dari konser ini adalah memasang tiket yang murah, walaupun artis yang diundang adalah artis berkelas. Karena mendapat dukungan dari banyak pihak, event ini pun kerap mendapat bantuan dari pemusik-pemusik terkenal. Dari waktu ke waktu, konser ini semakin mendapat wajahnya di kancah internasional, bahkan sudah terkenal di beberapa negara lain sebagai konser musik terbaik yang dimiliki Indonesia. Isimewanya, setiap konser yang dilaksanakan tidak akan pernah lepas dari peran mahasiswa sebagai panitia dan pengatur dari konser ini, sehingga konser ini sangat bersahabat di telinga anak muda. Walaupun mengusung Jazz yang dinikmati segala umur, namun konser ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi anak muda. Sehingga, ketika konser ini dilaksanakan, berbagai mahasiswa dari banyak universitas maupun daerah lain pun rela datang ke kota ini untuk menyaksikan musik bergengsi tingkat Internasional ini.

Bisa disebutkan beberapa artis Jazz tingkat Internasional yang bersedia datang ke acara ini, salah satunya adalah Patti Austin. Pemain Jazz yang berasal dari tanah Amerika ini sempat menjadi perbincangan publik di Indonesia secara nasional karena menyempatkan diri untuk datang ke Indonesia, tepatnya kota Yogyakarta, untuk tampil di Economic Jazz yang diselenggarakan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UGM tersebut. Masyarakat juga terkejut karena harga yang dipasang untuk konser ini begitu murah jika dibandingkan dengan konser-konser lain yang berada sekelas dengan Patti Austin. Hingga kini, konser Economic Jazz di Yogyakarta selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan selalu mendapat sambutan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *