Pernahkah Anda mendengarkan musik? Hampir semua orang pasti pernah mendengarkan musik. Lalu sebenarnya, apakah musik itu? Menurut Soeharto, Musik merupakan sebuah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

Sedangkan menurut Merriam Budiarjo, musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat. Sebenarnya, musik memiliki inti definisi yang sama, yakni sebuah bentuk seni yang menggunakan medium suara, vokal, dan sebuah kesunyian. Musik juga seni yang mengharmoniskan suara vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo yang seringkali digunakan oleh seseorang untuk mengungkapkan perasaannya yang sulit terungkap melalui kata-kata.

Definisi musik yang melibatkan sebuah perasaan hati inilah yang menjadikan musik merupakan suatu hal yang sangat disukai oleh banyak masyarakat didunia.

Mendengarkan musik sering kali menjadi pelampiasan bagi sebagian besar orang apabila mereka sedang frustasi, banyak pikiran, stres, lelah, hingga mengantuk. Musik dipercaya dapat menyembuhkan ‘penyakit-penyakit’ tersebut karena musik akan mengontrol perasaan hati Anda. Oleh karena itulah, kegiatan mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan yang sangat dekat dengan Anda. Karena Anda dapat mendengarkan musik darimana saja dan kapan saja.

Namun, mendengarkan musik secara langsung atau live music merupakan cara yang paling efektif untuk mendengarkan sebuah musik. Live music dapat meningkatkan aspek kehidupan manusia dari berbagai sisi, sebut saja kesehatan mental, hingga perekonomian suatu negara. Hal ini terbukti dengan laporan mengenai kontribusi live music terhadap perekonomian United Kingdom. United Kingdom, atau Britania Raya patut bersyukur karena memiliki artis-artis papan atas yang dapat berkembang karena konsep live music yang sangat baik disana. Artis-astis tersebut diantaranya Sam Smith, Ed Sheeran, Adele, hingga Coldplay. UK Music yang merupakan organisasi industri musik di UK telah menerbitkan laporan kontribus live music terhadap perekonomian UK.

Laporan tersebut diantaranya ada 700 lebih turis yang datang ke UK untuk menyaksikan live music dan per orang menghabiskan kira-kira 17 juta rupiah.

Lalu, menurut perhitungan, sekitar 27,7 juta orang menikmati berbagai live music yang diadakan di UK. Dan yang terakhir adalah total keuntungan dari live music yang dinikmati oleh orang-orang di UK adalah berkisar 75 trilyun rupiah. Merupakan hal yang menarik bukan? Menyaksikan live music dapat memberikan dampak positif untuk kedua sisinya. Disatu sisi, orang yang menikmati live music akan mendapatkan ketenangan, kepuasan, dan rasa kebahagiaan. Sedangkan disisi yang lain, negara yang menyelenggarakan live music akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *