Musik jazz adalah salah satu aliran music yang popular di kalangan atas, music jazz sudah muncul sejak akhir abad ke 19 hingga sekarang. Tetapi di zaman sekarang ini music jazz mulai dikenal oleh berbagai kalangan. Ada banyak musisi maupun kelompok band yang bermain music jazz, baik musisi local maupun musisi luar negeri. Adapun musisi jazz yang melegenda di dunia ini antara lain Louis Armstrong. Yaitu pemimpin band yang muncul pada tahun 1925. Ada banyak lagunya yang sangat hits dan popular,seperti Big Butter and Egg Men, Cornet Chop Suey, Potato Head Blues, dan masih banyak lagi lainnya. Pada tahun 1930 Louis bahkan melakukan tour keliling Eropa. Penyanyi jazz legenda selanjutnya adalah Miles Davis, merupakan pemain terompet, komponis dan pemimpin band. Salah satu album jazz yang sangat popular adalah Kind of Blue yang dirilis pada tahun 1959. John Coltrone juga menjadi penyanyi jazz popular yang terkenal pada tahun 1926 hingga 1967. Beliau adalah seorang composer dan pemain saksofon. Dia bahkan menjadi salah satu orang yang berperan besar dalam perkembangan music jazz modern. Pada tahun 1961 ia menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Atlantic. Ada juga Frank Sinatra yang lahir di New Jersey AS. ia merupakan pemenang Oscar dan menjadi salah satu penyanyi jazz yang melegenda. Penyanyi ini sukses pada tahun 1940 dan menjadi idola para remaja. Ia pada tahun 1971 namun dua tahun kemudian kembali mereka album dan muncullah lagu hit di Amerika dengan judul New York. Ia meninggal pada tahun 1998. Duke Ellington juga menjadi penyanyi legenda hits yang tidak bisa kita abaikan. Ia seorang pemimpin band, pianis dan pencipta lagu.

Selain nama-nama besar penyanyi hits yang melegenda di atas, ada juga penyanyi jazz yang sangat popular di dunia ini yang sering menjadi bintang tamu dalam acara java jazz di Indonesia, di antaranya adalah :

1. James Brown
Almarhum James Brown pernah tampil di acara Java Jazz pada tahun 2005. Nama James Brown ini sudah tidak asing lagi bagi kita pecinta music. Ia bangkan menjadi langganan Grammy sebagai Best Male R&B.

2. Sergio Mendes
Sergio juga menjadi salah satu penyanyi popular yang pernah menjadi peraih Awards kategori Best World Musik di tahun 1993. Ia juga pernah menjadi pengisi acara jazz di Negara Indonesia pada tahun 2017.

3. Jason Mraz
Semua orang pasti mengenall nama Jason Mraz. Pelantun I’m Yours ini juga sering menjadi bintang tamu di acara music jazz.

4. Babyface
Merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu yang beberapa kali diundang dalam gelaran Java jazz.

5. John Legend
Penyanyi popular dan terkenal ini juga pernah diundang ke acara Java Jazz pada tahun 2010.

6. Toni Braxton
Penyanyi ini cukup popular dengan lagunya yang berjudul Unbreak My Heart. Pernah diundang dalam acara music Java Jazz pada tahun 2010.

7. George Benson
Adalah penyanyi popular yang menjadi bintang tamu pada acara java Jazz pada tahun 2011.

Dan masih banyak lagi penyanyi popular dari luar negeri yang tampil pada perhelatan Java Jazz, seperti Stevie Wonder pada tahun 2012, Santana pada tahun 2011, Jesie J pada tahun 2015, Chris Botti dan Sting pada tahun 2016 dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *