Jazz merupakan salah satu music yang dikenal sebagai music untuk kalangan atas. Untuk bisa menikmati music jazz dibutuhkan dana yang cukup besar, karena harga tiket cukup mahal. Namun di zaman modern ini, penikmat music jazz tidak hanya kalangan atas saja. Music jazz sudah mulai diperkenalkan ke masyarakat luas. Di antara kota besar di Indonesia yang sering mengadakan pagelaran music jazz setiap tahunnya adalah kota Yogyakarta. Bagi anda yang saat ini tinggal di Yogyakarta jangan sampai lewatkan pergelaran music jazz special ini.

Berikut ini rekomendasi dari mengenai beberapa daftar events jazz di Yogyakarta yang bisa anda tonton :
• Jazz Mben Senin
Seperti namanya events ini selalu hadir setiap hari senin pada pukul 20.00 WIB hingga selesai. Tempat pertunjukan ini ada di Bentara Budaya Yogyakarta beralamat Jl. Suroto 2, Kotabaru, Yogyakarta. Jazz Mben Senin adalah event rutin berkumpulnya para musisi, pecinta dan penikmat music jazz. Siapapun bisa datang untuk menikmati music jazz. Harga tiket masuk gratis dan bagi anda yang ingin bergabung maka bisa menghubungi EO yang mengadakan event ini.

• Ngayogjazz
Event selanjutnya yang bisa anda datangi setiap tahun adalah Ngayogjazz. Event ini diselenggarakan olleh seniman dan juga komunitas local jazz berasal dari Indonesia. Ngayogjazz sudah ada sejak tahun 2007 dan terus berlanjut hingga sekarang. Ngayogjaz bersifat terbuka untuk memperkenalkan music jazz kepada masyarakat lapisan bawah, maka tidak heran jika music ini diselenggarakan di kampung-kampung daerah pelosok Yogyakarta. Tidak hanya musisi local saja yang ada di sini, namun banyak juga musisi jazz internasional yang datang ke sini. Seperti Harri Stojka, Toninho Horta, Jen Shyu, Jerry Palegrino, Mezcall Jazz Unit, Brink Man Ship, Eric Truffaz dan D’aqua. Ada beberapa keistimewaan yang harus anda ketahui pada Ngayogjazz, di antaranya adalah menikmati jazz secara gratis dengan panggung yang keren. Biasanya setiap event terdapat kurang lebih 5 panggung yang tersebar dalam satu kampung, penonton difasilitasi dengan denah besar yang ada dibeberapa sudut. Biasanya Ngayogjazz dihadiri oleh 40 lebih kelompok jazz baik local maupun mancanegara. Selain pertunjukan jazz, juga terdapat pentas kesenian tradisional yang pastinya seru dan keren. Bahkan pada pergelaran Ngayogjazz di tahun 2018 kemaren terdapat lumbung buku, dan pastinya dipergelaran music jazz selanjutnya ada banyak hal baru dan unik yang akan anda temui. Disini anda juga akan bertemu dengan penyanyi jazz keren seperti Ozam Quintet dari Perancis, Kika Sprangers dari Belanda, Tohpati bertiga, Yuri Mahatma, Tompi, Magnitudo, Spirit, dan masih banyak lagi lainnya. Selain menikmati jazz, anda juga bisa menikmati jajanan di pasar Jazz, ada banyak sekali makanan tradisional dan modern yang bisa anda beli.

• Prambanan Jazz
Pagelaran music jazz lainnya yang bisa anda tonton setiap tahun di Yogyakarta adalah Prambanan Jazz. Musik ini mengusung ekotisme seni candi prambanan yang diakui dunia. Pagelaran music jazz ini sudah ada sejak dahulu. Untuk tahun 2019 ini akan diadakan selama 3 hari mulai. Bintang tamu yang akan hadir dalam Prambanan jazz antara lain GAC, Calvin Jeremy, Danillla Riyadi, Jogja Hip Hop Foundation, Maliq & D’;essentials, Rida Sita Dewi, Yura Yunita, Andien, Glen Fredly, Tulus, Tompi, Ari Lasso dan masih banyak lagi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *