Jazz merupakan aliran music yang berasal dari Amerika Serikat, music ini muncul di akhir abad 19 dan di awal abad 20. Tetapi banyak juga orang yang menganggap bahwa music ini berakar dari Eropa dan Afrika. Alat music jazz yang digunakan antara lain trompon, gitar, trompet, piano dan saksofon. Pada awal perkembangannya banyak orang yang menganggap bahwa music jazz adalah music yang memusingkan dan sulit untuk dimengerti, tetapi seiring berkembangnya zaman music ini sering muncul dalam aliran music lainnya.

Sehingga sekarang music jazz diterima oleh berbagai kalangan. Musik jazz bahkan tidak hanya dinikmati orang-orang dahulu saja, banyak anak muda yang tertarik dengan music ini. Banyak musisi muda jazz baik dunia maupun Indonesia yang mudah kita jumpai, seperti Dave Koz, Jammie Cullum, Norah Jones, Jamieroquai, Indra Lesmana, Andien, Tompi dan masih banyak lagi penyanyi lainnya. Musik jazz pertama kali ada di Indonesia pada tahun 30an, dibawa oleh musisi Filipina yang bekerja di Jakarta. Ada banyak musisi yang sering manggung di Jakarta yang mudah untuk ditemui, seperti Garcia, Soleano, Baial, Barnando dan Samboyan. Selain Jakarta sekarang ini music jazz tersebar diberbagai kota besar di Indonesia, anda bisa menemukan pergelaran jazz setiap tahunnya.

Musik Jazz di Indonesia berkembang sedikit demi sedikit hingga menjadi popular sekarang ini. Pada tahun 1948 ada 60 musisi dari Belanda yang membentuk orchestra simfoni berisi musisi local di Indonesia. Pada tahun 1955 Bill Saragih membentuk kelompok jazz Riders dengan anggota Cidi Chia bermain piano, paul Hutabarat sebagai vokual, Herman Tobing sebagai bass dan Yuse sebagai drum.

Pada tahun 1945 hingga 1950 di Surabaya juga ada band music jazz yang beranggotakan Jazk Lemmers yang mana beliau adalah ayah dari Indra Lesmana, ada juga Bubi, Teddy, Maryono, Berges, Boen, Didi, Jopy, Mario, dan Benny. Di kota Bandung di tahun 50 hingga 60 juga ada Eddy karamoy, Joop, Leo, Benny, Dolf, John, Iskandar dan Sadikin yang bermain music jazz. Pada tahun 70 hingga 80 bermunculan musisi muda seperti Ireng Maulana, Embong, Perry, Luluk, Oele, Jackie, Benny, Elfa, dan Bambang. Ada juga yang memainkan music rock namun dikaitkan dengan jazz. Di pertengahan tahun 80-an nama penyanyi yang hingga sekarang popular muncul, yaitu Fariz RM. Walaupun musiknya dinamakan new age, tapi beberapa lagunya pop jazz. Di tahun 90an hingga sekarang ada banyak sekalo musisi dan kelompok musisi jazz yang terbentuk, di antaranya adala Maliq & D’essentials, Bali llaunge, Balawan, Dewa Budjana, SimakDialog, Tompi, Syaharai dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak aliran music jazz yang harus anda ketahui, di antaranya ada Ragtime yang sudah popular sejak tahun 1892. Dixielland juga menjadi salah satu jenis aliran music jazz yang sudah ada sejak tahun 1910. Selanjutnya ada Swing yang muncul di tahun 1920, dan menjadi aliran sendiri di tahun 1935. Juga ada Big Band, aliran ini sangat popular di tahun 1935 hingga 1940. Pada aliran jenis ini terdiri dari 12 hingga 19 pemain music. Jenis aliran music selanjutnya adalah Kansas City Jazz, aliran jenis ini berkembang di Kansas USA. Jenis music ini lahir pada tahun 1930-an. Ada juga Gypsy Jazz yang mulai dikenal pada tahun 1930-an. Selanjutnya ada Bebop yang memiliki tempo yang cepat. Aliran satu ini mengandalkan kebebasan berimprovisasi. Aliran jenis ini muncul pada tahun 1940-an. Dan masih banyak lagi aliran music lainnya yang ada pada music jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *