Festival Jazz Di Kampus

Festival Jazz Di Kampus

Festival Jazz Di Kampus – Musik jazz termasuk salah satu aliran musik yang memiliki penggemar tersendiri. Meskipun bukan termasuk ke dalam aliran musik yang bisa diterima oleh siapa saja, akan tetapi alunan musik jazz ini termasuk ke dalam alunan musik yang benar-benar membius. Keberadaan festival jazz termasuk ke dalam salah satu cara untuk semakin mencekatkan musik jazz. Jazz yang menjadi aliran musik yang cukup elegan tentu saja tidak bisa dikatakan sebagai aliran musik yang mudah diterima oleh anak muda. Namun seiring dengan perkembangan jaman, aliran musik jazz itu sendiri semakin dicintai oleh anak muda jaman sekarang. Berkat banyaknya festival musik jazz yang membuat anak muda jaman sekarang semakin mencintai dan menikmati musik jazz.

Salah satu festival musik jazz yang menjadi pionir bagi berkembangnya pemusik aliran jazz yang ada di indonesia adalah economica jazz. Pada awalnya memang economica jazz merupakan festival musik jazz yang diadakan oleh para mahasiswa yang berada di kampus fakultas economi UGM sebagai salah satu acara tahunan rutin. Acara ini pada awalnya didukung oleh para dosen di fakultas economi UGM. Festival ini diatur sebagai salah satu peringatan untuk pergantian nama fakultas economica. Sehingga dengan adanya festival ini diharapkan menjadi salah satu pengingat bahwa fakultas economi pernah berjaya mengadakan festival musik untuk peringatan pergantian nama.

Seiring berjalannya waktu, event tahunan economica jazz berubah nama menjadi UGM jazz. Tujuannya adalah untuk membuat partisipasi dari mahasiswa untuk meramaikan acara festival musik jazz di kampus. Menumbuhkan minat dan bakat untuk musik jazz memang tidak mudah. Sehingga dengan adanya festival musik ini tentunya membuat tingkat partisipasi serta kecintaan mahasiswa akan musik jazz semakin baik. Musisi yang hadir dalam festival jazz ini tidak terbatas dari kalangan kampus saja, akan tetapi festival ini menghadirkan musisi dari banyak kalangan. Mulai dari musisi nasional hingga musisi internasional pernah hadir mengisi acara festival musik ini.

Festival Jazz

Berkembangnya minat anak muda akan musik jazz memang tidak luput dari keberadaan festival jazz yang menyentuh lapisan anak muda. Hadirnya musisi kalangan internasional menambahkan alasan bahwa musik jazz bukan hanya sebagai musik yang eksclusive untuk kalangan tertentu. Setidaknya dengan adanya UGM Jazz ini semakin meningkatkan kecintaan dan juga sebagai wadah untuk anak muda lebih mencintai musik jazz dan menumbuhkan minat akan musik jazz di kalangan anak muda. Meskipun pernah menghadirkan musisi tingkat dunia, akan tetapi tujuan utama dari diadakan festival ini adalah untuk menjaring musisi muda berbakat yang tertarik dengan alunan musik jazz. Bertempat tidak hanya di UGM membuat festival ini kini sudah mulai terbuka dan lebih meluas. Kalian juga bisa mencari tahu berbagai informasi tentang festival jazz di https://kongbet.net.

Java Jazz Festival Surga Bagi Pecinta Jazz
Blog Entertainment Live Music

Java Jazz Festival Surga Bagi Pecinta Jazz

Jazz yang merupakan salah satu genre dengan paling banyak peminat di Indonesia, kini semakin harum dengan meningkatnya kualitas musik jazz di Indonesia. Bahkan, sudah dapat dikatakan bahwa perkembangan musik Jazz di Indonesia setara dengan perkembangan jazz di negara-negara besar. Di Indonesia sendiri bisa ditemukan dengan mudah beberapa pertunjukan musik Jazz yang dapat disaksikan secara live, dan ini berhasil menarik minat banyak orang karena musik ini akan lebih indah bila ditonton secara langsung. Untuk konser Jazz terbesar yang ada di Indonesia adalah Java Jazz Festival. Festival ini telah menjadi konser jazz tahunan yang kerap mendatangkan artis Jazz papan atas, baik artis nasional maupun dari luar negeri. Konser ini sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2005, dan hingga kini masih terus berkembang dan semakin harum namanya. Java Jazz festival telah diminati oleh banyak orang di Indonesia maupun luar negeri, khususnya adalah orang-orang yang mencintai dunia musik Jazz yang berasal dari mancanegara. Berawal dari gagasa Peter F. Gontha yang merupakan orang besar di balik layar konser java jazz festival ini, kemudian menjadi konser megah yang mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Peter memiliki pikiran bahwa semua orang di dunia dapat dipersatukan dengan musik, dan musik adalah salah satu jembatan aman yang bisa membuat semua orang di seluruh dunia bekerja sama di dalam kedamaian. Hingga kemudian Peter mendatangi berbagai musisi kelas nasional maupun kelas internasional untuk bersatu dalam panggung Java Jazz Festival, yang kemudian mendapatkan sambutan yang sangat hangat dari berbagai kalangan. Dalam satu kali mengadakan konser, festival ini kerap mendatangkan artis Jazz berkualitas dalam jumlah yang sangat banyak. Tidak hanya artis terkenal saja, namun festival ini juga mengharumkan nama beberapa band jazz yang baru bergabung di dunia panggung musik dan membuat mereka memiliki momen yang besar untuk menunjukkan kehebatan mereka dalam bermusik. Java Jazz musikal ini sangat menarik perhatian masyarakat, hingga kini tidak hanya orang-orang yang cinta genre jazz saja yang bersedia datang ke konser ini, namun juga dari orang-orang yang memang tertarik dengan konser terbesar di Indonesia ini. Java Jazz Festival pernah mendapatkan rekor dunia tepatnya pada tahun 2010, karena pencapaiannya sebagai festival jazz terbesar di dunia. Rekor ini didapatkan karena pada tahun 2010, Java jazz mengundang sebanyak 1.300 musisi untuk mengisi acara konser ini. Angka tersebut memang merupakan angka yang fantastis untuk ukuran jumlah musisi yang diundang sebagai pengisi. Java Jazz semakin terkenal di kancah dunia dan sepertinya akan selalu mengembangkan kualitas demi mengangkat genre jazz agar semakin harum.
Inilah 2 Komunitas Jazz Besar di Indonesia
Blog Cafe Entertainment

Inilah 2 Komunitas Jazz Besar di Indonesia

Jazz masih menjadi salah satu genre yang memiliki banyak pengikut setia, termasuk di Indonesia. Jazz merupakan salah satu genre musik yang sangat menarik minat masyarakat, karena Jazz identik dengan kesenangan dan keceriaan pada saat musik itu dimainkan. Dengan demikian, tidak heran bila banyak pecinta Jazz yang bersatu dan menggabungkan diri menjadi sebuah kelompok.

Biasanya, kelompok seperti ini bertujuan untuk memberikan wadah dan aspirasi tentang musik Jazz, baik untuk persebaran info konser live maupun sebagai wadah untuk menampung bakat Jazz yang dimiliki oleh masyarakat. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali komunitas musik Jazz yang dibentuk oleh orang-orang dengan selera yang sama yaitu genre Jazz. Komunitas tersebut ada yang bersifat terbuka dan ada pula yang bersifat tertutup. Keaktifan berbagai komunitas pun beragam, bahkan ada yang mengadakan pertemuan dalam periode tertentu untuk membahas musik Jazz hingga mengadakan suatu konser Jazz tertentu, dan disini akan diulas 2 komunitas Jazz yang sudah memiliki nama yang mengharum.

Salah satu komunitas Jazz besar yang ada di Indonesia adalah Ngayogjazz. Berasal dari Yogyakarta yang merupakan kota seniman, komunitas ini berhasil memiliki sebuah festival Jazz bernama ngayogjazz yang kini menjadi festival tahunan. Berdiri pada tahun 2007, komunitas ini mendirikan festival tahunan yang diadakan hingga sekarang, dan kerap mendatangkan artis lokal maupun nasional sebagai salah satu pengisinya.

Kini, anggota dari komunitas Ngayogjazz telah terbagi dalam beberapa daerah yang biasanya juga tergabung untuk menikmati pertandingan sepak bola di cafe yang menyediakan live music jazz. Untuk penyelenggaraan festivalnya, ngayogjazz biasanya menggunakan berbagai desa wisata yang ada di Yogyakarta untuk dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan. Yogyakarta merupakan kota seniman, sehingga tidak heran bila banyak komunitas seni termasuk seni musik Jazz seperti komunitas Ngayogjazz. Selain ngayogjazz, komunitas Jazz kedua adalah Komunitas Jazz Kemayoran yang kerap disingkat dengan KJK. Komunitas ini merupakan salah satu komunitas Jazz besar yang ada di Indonesia. Uniknya, komunitas ini memiliki visi misi yang mudah diterima oleh masyarakat, salah satunya adalah educavite.

Bertujuan educative berarti komunitas ini berharap dapat memberi pendidikan tentang Jazz kepada masyarakat, mulai dari sejarah hingga implementasinya. Visi Misi selanjutnya adalah usefull yang bermakna manfaat. Harapannya, komunitas ini dapat memberikan manfaat kepada anggotanya maupun kepada masyarakat. Banyak anggota yang telah menjadi band Jazz terkenal yang berawal dari komunitas ini. Kini, KJK memiliki anggota tak kurang dari 1000 orang.

Itulah ulasan mengenai 2 komunitas Jazz besar di Indonesia. Selain itu, tentu masih banyak komunitas Jazz yang ada di Indonesia dan tidak kalah hebatnya dengan 2 komunitas yang telah disebutkan di atas. Harapannya, dunia musik Jazz di Indonesia semakin berkembang dengan lahirnya komunitas-komunitas Jazz.

TwoSix, Komunitas Pencinta Musik Jazz dari Kota Pahlawan
Blog Cafe Live Music

TwoSix, Komunitas Pencinta Musik Jazz dari Kota Pahlawan

Musik Jazz merupakan salah satu aliran musik dunia yang berasal dari Amerika Serikat dengan irama-irama asli berasal dari daratan Afrika dan Eropa. Menurut seorang musisi Jazz Internasional, Loius Amstrong, Jazz merupakan sebuah aliran musik yang melodi-melodinya merupakan refleksi dari berbagai perasaan yang tak mudah untuk dijelaskan secara verbal.

Perasaan ini dapat dirasakan oleh hati seseorang lewat lantunan melodi-melodi dari Musik Jazz itu sendiri. Louis Armstrong pernah berkata, “Jika kau menanyakannya, kau tidak akan pernah tahu jawabannya.” Karena musik Jazz memang hanya menggunggah perasaan Anda jika Anda merasakannya lewat hati Anda sendiri.

Menjadi salah satu aliran yang terkenal dan telah sukses merebut hati sebagian besar orang di dunia ini, tentu saja musik Jazz telah memiliki kumpulan orang-orang yang sehati untuk mencintai aliran musik Jazz ini.

Di Indonesia saja, hampir setiap daerah telah memiliki komunitas pecinta aliran musik Jazz ini. Contoh yang pertama adalah TwoSix, yang merupakan komunitas pecinta Jazz dari Kota Pahlawan, Surabaya. Komunitas TwoSix ini memiliki tujuan yang baik, yakni ingin memasyarakatkan lebih luas lagi tentang aliran musik Jazz diberbagai kalangan. Hal ini disebabkan karena pada saat aliran musik Jazz ini masuk ke Indonesia, Jazz hanya diperdengarkan ditempat-tempat tertentu dan diwaktu-waktu tertentu.

Tempat dan waktu tertentu biasanya dihadiri oleh orang-orang yang memiliki status ekonomi diatas rata-rata. Sehingga Jazz dianggap sebagai aliran musik yang elit. Oleh karena itulah, TwoSix ingin mengubah pandangan masyarakat tentang aliran Jazz ini. Bahwa aliran Jazz dapat dinikmati oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja tanpa ada hal-hal yang membatasinya. Entah itu para orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, maupun orang-orang lainnya dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.


Aliran musik Jazz merupakan sebuah aliran yang universal, dapat didengarkan dan dimainkan oleh setiap insan yang ingin mendengarkannya. Menyukai dan mencintai aliran musik ini tidak ada syarat khusus. Syarat yang terpenting adalah Anda harus siap untuk merelakan hati Anda direbut oleh kemanisan dari lantunan-lantunan melodi Jazz.

Mengenal Komunitas Pencinta Jazz yang Telah Berdiri Sejak 14 Tahun Lalu
Cafe Live Music

Mengenal Komunitas Pencinta Jazz yang Telah Berdiri Sejak 14 Tahun Lalu

Aktifitas mendengarkan musik merupakan salah satu aktifitas yang digemari oleh sebagian besar orang di dunia ini. Bahkan, tak sedikit orang yang menjadikan aktifitas mendengarkan musik sebagai hobi. Mendengarkan musik dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Jika Anda sedang memiliki waktu luang atau sedang beristirahat dari pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran Anda, cobalah untuk mendengarkan musik favorit Anda. Para peneliti memercayai bahwa melakukan kegiatan mendengarkan musik dapat membuat pikiran Anda menjadi segar kembali dan tubuh Anda menjadi rileks. Musik memiliki banyak macam dan aliran.

Salah satu aliran musik yang terkenal adalah musik Jazz.

Perkembangan musik Jazz bisa dikatakan sukses untuk menduduki pasaran dunia. Hal ini terbukti dari semakin meningkatnya para penggemar musik Jazz dari tahun ke tahun. Selain itu, munculnya berbagai komunitas pencinta musik Jazz diberbagai daerah di Indonesia juga dapat dijadikan tolak ukur dari keberhasilan aliran musik Jazz ini. Sebut saja salah satu komunitas pencinta aliran musik Jazz yang terkenal di Indonesia adalah Komunitas Jazz Kemayoran yang biasa disingkat KJK. KJK ini didirikan oleh seorang pencinta musik yang ahli dalam memegang alat musik gitar, terompet, dan memiliki suara yang indah sebagai vokalis.

Orang tersebut adalah Beben Supendi Mulyana yang lebih dikenal dengan sebutan Beben Jazz. Beben mendirikan KJK ini pada hari Rabu, 17 Maret, 14 tahun yang lalu dikediamannya didaerah Kemayoran, Jakarta. Komunitas Jazz Kemayoran ini didirikan oleh Beben dengan tiga visi misi utama, yakni Brotherhood, Educative, dan Usefull. Visi misi yang pertama, yakni Brotherhood merupakan visi misi yang memiliki tujuan untuk menjalin silahturahmi dengan semua orang terutama para pencinta Jazz.

Kegiatan yang menunjang Brotherhood adalah acara Kamisan yang dilaksanakan setiap hari Kamis.

Lalu, untuk visi Educative, KJK akan melakukan sebuah sharing session untuk masyarakat umum mengenai segala hal yang berkaitan dengan musik Jazz. Misalnya saja makna filosofi maupun sejarahnya. Lalu yang terakhir adalah Usefull. Tentu saja, mendirikan KJK ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Lewat kecintaan dan ketekunan terhadap musik Jazz, Beben dapat membantu orang lain. Mendirikan komunitas pencinta musik Jazz merupakan gerakan yang positif untuk mewadahi orang- orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Dengan memiliki ketertarikan yang sama, orang-orang tentunya akan lebih nyaman dan nyambung satu sama lain.

Dampak Positif Live Music Bagi Perekonomian Britania Raya
Blog Cafe Live Music

Dampak Positif Live Music Bagi Perekonomian Britania Raya

Pernahkah Anda mendengarkan musik? Hampir semua orang pasti pernah mendengarkan musik. Lalu sebenarnya, apakah musik itu? Menurut Soeharto, Musik merupakan sebuah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

Sedangkan menurut Merriam Budiarjo, musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat. Sebenarnya, musik memiliki inti definisi yang sama, yakni sebuah bentuk seni yang menggunakan medium suara, vokal, dan sebuah kesunyian. Musik juga seni yang mengharmoniskan suara vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo yang seringkali digunakan oleh seseorang untuk mengungkapkan perasaannya yang sulit terungkap melalui kata-kata.

Definisi musik yang melibatkan sebuah perasaan hati inilah yang menjadikan musik merupakan suatu hal yang sangat disukai oleh banyak masyarakat didunia.

Mendengarkan musik sering kali menjadi pelampiasan bagi sebagian besar orang apabila mereka sedang frustasi, banyak pikiran, stres, lelah, hingga mengantuk. Musik dipercaya dapat menyembuhkan ‘penyakit-penyakit’ tersebut karena musik akan mengontrol perasaan hati Anda. Oleh karena itulah, kegiatan mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan yang sangat dekat dengan Anda. Karena Anda dapat mendengarkan musik darimana saja dan kapan saja.

Namun, mendengarkan musik secara langsung atau live music merupakan cara yang paling efektif untuk mendengarkan sebuah musik. Live music dapat meningkatkan aspek kehidupan manusia dari berbagai sisi, sebut saja kesehatan mental, hingga perekonomian suatu negara. Hal ini terbukti dengan laporan mengenai kontribusi live music terhadap perekonomian United Kingdom. United Kingdom, atau Britania Raya patut bersyukur karena memiliki artis-artis papan atas yang dapat berkembang karena konsep live music yang sangat baik disana. Artis-astis tersebut diantaranya Sam Smith, Ed Sheeran, Adele, hingga Coldplay. UK Music yang merupakan organisasi industri musik di UK telah menerbitkan laporan kontribus live music terhadap perekonomian UK.

Laporan tersebut diantaranya ada 700 lebih turis yang datang ke UK untuk menyaksikan live music dan per orang menghabiskan kira-kira 17 juta rupiah.

Lalu, menurut perhitungan, sekitar 27,7 juta orang menikmati berbagai live music yang diadakan di UK. Dan yang terakhir adalah total keuntungan dari live music yang dinikmati oleh orang-orang di UK adalah berkisar 75 trilyun rupiah. Merupakan hal yang menarik bukan? Menyaksikan live music dapat memberikan dampak positif untuk kedua sisinya. Disatu sisi, orang yang menikmati live music akan mendapatkan ketenangan, kepuasan, dan rasa kebahagiaan. Sedangkan disisi yang lain, negara yang menyelenggarakan live music akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.



Do NOT follow this link or you will be banned from the site!